“Desa Buko Utara SIMBOLIS Salurkan BLT Desa Bulan Januari Tahun 2022”

  • Feb 08, 2022
  • SADAM FAHRY YARBO
  • BLT Dana Desa

BUKOUTARA.DESA.ID. Selasa, 08 Februari 2022 Desa Buko Utara perdana salurkan Bantuan Langsung Tunai Desa Bulan Januari Tahun 2022 kepada 100 Keluarga Penerima Manfaat. Seperti diketahui bahwa sesuai dengan Permendes Nomor 7 Tahun 2021 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa dan PMK Nomor 190 tahun 2021 tentang Pengelolaan Dana Desa bahwa Bantuan Langsung Tunai Desa atau di singkat BLT Desa menjadi prioritas utama dalam pengelolaan Dana Desa di Desa itu sendiri. Bahkan untuk tahun 2022 BLT Desa diwajibkan setiap desa untuk mengalokasikan Dana Desa sebesar 40% khusus BLT Desa.

                Sesuai dengan Musyawarah Desa yang dihadiri oleh Pemerintah Desa, Lembaga BPD bersama Lembaga Desa lainya dan Unsur Masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 07 Januari tahun 2022, diputuskan bahwa 100 Keluarga menjadi Keluarga Penerima Manfaat BLT Desa tahun 2022. Hal ini di ungkapkan oleh Sangadi Buko Utara, SAKIR HASANI bahwa Desa Buko Utara mengalokasikan kurang lebih Rp. 360.000.000 khusus BLT Desa atau 100 KPM.

“Iya, kita sudah musyawarahkan bersama dalam musyawarah desa untuk penerima BLT tahun 2022 ada kurang lebih 100 KPM. Adapun KPM yang diusulkan sudah sesuai dengan kriteria penerima manfaat BLT Dana Desa sebagaimana yang diamanatkan Permendes maupun PMK”.

                Hal senada juga disampaikan oleh Ketua BPD Buko Utara, YAHYA VAN GOBEL bahwa 100 KPM penerima BLT Dana Desa sudah disesuaikan dengan ketentuan, terutama adalah Keluraga yang Berekonomi Kurang Mampu, Sakit Menahun dan pastinya sudah melaksanakan Vaksinasi sesuai anjuran pemerintah.

                “Penerima BLT Desa sudah kita sesuaikan dengan ketentuan yang berlaku, terutama Keluarga Kurang Mampu, Keluarga yang ada anggota keluarganya mempunyai diagnosa sakit menahun serta sudah melaksanakan Vaksin Covid-19. Adapun yang tidak melakukan vaksinasi, harus melampirkan Surat Keterangan dari Dokter bahwa yang bersangkutan Tidak Bisa/Belum Bisa Divaksin”.

                Adapun penyalurannya, Desa Buko Utara dan Desa Busato untuk Kecamatan Pinogaluman menjadi Desa Penerima Simbolis Dana Desa dan BLT Desa tahun anggaran 2022 oleh pemerintah daerah yakni Bupati Bolaang Mongondow Utara “Drs. H. DEPRI PONTOH” dan Wakil Bupati “Drs. H. AMIN LASENA, MAP” sebagaimana prosesnya dilaksanakan pada pelaksanaan Rapat Kerja Daerah di Ruang Bupati Bolmut pada hari Senin 07 Februari 2022 dan dilanjutkan dengan penyaluran kepada masyarakat yang dilaksanakan pada hari Selasa 08 Februari 2022 bertempat di Kantor Desa Buko Utara yang di hadiri oleh Pemerintah Daerah yang dalam hal ini diwakilkan oleh Dinas PMD Bolmut selaku DInas Teknis, Pemerintah Kecamatan dan Lembaga BPD Buko Utara.